Skripsi Biologi
Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa
Hafsah Latifah Khurotul Muthoharoh. 036116036. Pengembangan E-Book
Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa. Skripsi. Universitas
Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd. dan Lufty
Hari Susanto, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif untuk
meningkatkan kompetensi siswa pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini
merupakan Research and Development (R&D) adalah model ADDIE yang
dilaksanakan pada bulan April hingga Juni 2021. Populasi dan sampel pada
penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Gunungputri kelas XI MIPA 4 sebanyak 30
orang siswa. Pelaksanaan uji coba dilaksanakan secara terbatas dalam bentuk
kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan menggunakan desain
penelitian the one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan pada
peneltian ini terdiri dari lembar validasi ahli untuk menguji kelayakan e-book
interaktif, instrumen soal tes siswa untuk mengetahui kompetensi siswa, serta
instrumen angket respon guru dan siswa untuk mengetahui kepraktisan e-book
interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book interaktif yang
dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar dengan rata-rata nilai validasi
ahli pakar sebesar 90,3% dengan kriteria sangat layak. Bahan ajar e-book interaktif
memiliki keefektifan untuk meningkatkan kompetensi siswa pada materi sistem
reproduksi dengan rata-rata nilai n-gain sebesar 0,4 (40%) dengan kriteria sedang
dan tingkat efektivitas cukup efektif. Berdasarkan angket respon guru dan siswa
terhadap bahan ajar e-book interaktif diperoleh sebesar 95,55% dan hasil angket
siswa sebesar 82,20 % dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci: E-book interaktif, Kompetensi Siswa, Sistem Reproduksi
2024SB0001.C1 | 01 MUT | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain