Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script dan Concept Sentence di Kelas VIII SMPN 1 Dramaga
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Perbedaan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script dan Concept Sentence di Kelas VIII SMPN 1 Dramaga

Khoerunissa/036112017 - Nama Orang;

KHOERUNISSA. 036112017. Perbedaan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Concept Sentence Di Kelas VIII Smp Negeri 1 Dramaga. Dibimbing oleh Dr. Hj. Rita Retnowati, M.Si dan Dra. Triasianingrum Afrikani, S.U.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa antara model pembelajaran Cooperative Script dengan Concept Sentence. Pada materi sistem pencernaan dan materi sistem peredaran darah pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Desember. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Dramaga tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII 7 untuk kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Cooperative Script dengan jumlah 33 siswa dan kelas VIII 6 menggunaka model Concept Sentence dengan jumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai N-Gain kelompok Cooperative Script sebesar 72,72 dan kelompok Concept Sentence sebesar 63,57. Hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,01 diperoleh thitung= 9,79 dan ttabel = 2,65 sehingga diperoleh thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara Model Pembelajaran Cooperative Script dengan Concept Sentence. Hasil belajar siswa kelompok Pembelajaran Cooperative Script lebih baik dibandingkan dengan kelompok Concept Sentence.

Kata Kunci : Hasil Belajar Biologi, Cooperative Script, Concept Sentence.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 33 KHO
2017SB033.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
33 KHO
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2017
Deskripsi Fisik
iii, 240 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
33 KHO p 2017
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Hasil Belajar Biologi
Cooperative Script
Concept Sentence
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S. dan Dra. Triasianingrum, S.U.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?