Skripsi Biologi
Perbedaan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script dan Concept Sentence di Kelas VIII SMPN 1 Dramaga
KHOERUNISSA. 036112017. Perbedaan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Concept Sentence Di Kelas VIII Smp Negeri 1 Dramaga. Dibimbing oleh Dr. Hj. Rita Retnowati, M.Si dan Dra. Triasianingrum Afrikani, S.U.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa antara model pembelajaran Cooperative Script dengan Concept Sentence. Pada materi sistem pencernaan dan materi sistem peredaran darah pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Desember. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Dramaga tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII 7 untuk kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Cooperative Script dengan jumlah 33 siswa dan kelas VIII 6 menggunaka model Concept Sentence dengan jumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai N-Gain kelompok Cooperative Script sebesar 72,72 dan kelompok Concept Sentence sebesar 63,57. Hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,01 diperoleh thitung= 9,79 dan ttabel = 2,65 sehingga diperoleh thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara Model Pembelajaran Cooperative Script dengan Concept Sentence. Hasil belajar siswa kelompok Pembelajaran Cooperative Script lebih baik dibandingkan dengan kelompok Concept Sentence.
Kata Kunci : Hasil Belajar Biologi, Cooperative Script, Concept Sentence.
2017SB033.C1 | 33 KHO | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain