Skripsi Biologi
Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning dengan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi : Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang.
Eka Pertiwi, 036113052 Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning
Dengan Menggunakan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Biologi, Universitas Pakuan,Bogor. Dibawah Bimbingan Dr. Surti Kurniasih,
M.Si. dan Dra. Triasianingrum Afrikani, S.U
Peneltian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research), yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan
objek yang diteliti. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar
biologi, melalui model pembelajaran BBL dan media Ular Tangga. Penelitian ini
dilakukan dikelas XI - IPA 2 SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang yang terdiri
dari 43 siswa. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus
terdapat 4 tahapan antara lain: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan evaluasi dengan
instrumen yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Hasil evaluasi
menunjukan adanya peningkatan pada setiap siklus. siklus I yaitu 53,49% dan
siklus II adalah 76,74% yang sesuai dengan pencapaian KKM sebesar 75
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Brain
Based Learning (BBL) dengan menggunakan Media Ular Tangga dapat
meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi Sistem Gerak dan Sistem
Peredaran Darah Manusia.
Kata kunci : Hasil belajar, Brain Based Learning (BBL) dan Media Ular Tangga.
2018SB0016.C1 | 16 PER | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain