Skripsi Indonesia
Penarapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII Informatika Bina Generasi
Suci Nilam Sari. Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan
Keterampilan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP Informatika
Bina Generasi Ciomas. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Pakuan, Bogor, 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual untuk
meningkatkan keterampilan menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP
Informatika Bina Generasi Ciomas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes,
angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP
Informatika Bina Generasi. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII D sebagai kelas
eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster
random sampling. Hipotesis pertama teruji kebenarannya, dengan di perolehnya
data pratest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas, yaitu 47. Dapat
diketahui keterampilan siswa masuk kedalam interpretasi kurang mampu dalam
menulis teks fabel, dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen Sedangkan hasil
dari posttest rata-rata kelas eksperimen dalam menulis teks fabel memperoleh
nilai rata-rata 88, perolehan data tersebut meningkat yang berarti bahwa masuk
kedalam interpretasi sangat mampu. Dengan demikian nilai penetahuan dan
keterampilan siswa dalam menulis teks fabel dengan menerapkan media audio
visual berupa video mengalami peningkatan. Hasil perhitungan perbandingan
mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t,
diperoleh data harga thitung = 4,41 dan d.b. 60 dan diperoleh harga ttabel taraf
signifikansi 1% = 2,40 dan harga ttabel taraf signifikansi 5% = 1,67. Dengan
demikian, nilai thitung lebih besar dari ttabel 1% maupun ttabel 5%. Karena nilai
ttabel 4,00. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual
dapat meningkatkan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP
Informatika Bina Generasi. Hipotesis kedua dapat teruji kebenarannya,
dibuktikan dengan adanya kendala siswa, kendala tersebut dibuktikan dengan
adanya hasil analisis angket yang menyatakan sebanyak 13 siswa (56%)
mengalami kendala saat menentukan kosa kata dalam menulis teks fabel
2022SI1731.C1 | 79 SAR P 2022 | Rak Skripsi Indonesia (rsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain