Skripsi Indonesia
Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Surat Pribadi dan Surat Dinas Kelas VII SMP Islam Kota Bogor
Fikriya Yunita: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Surat Pribadi dan Surat Dinas Kelas
VII SMP Islam Kota Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa
IndonesiaFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan
Bogor 2020.
Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan acuan bagi guru dalam proses
pembelajaran di kelas sehingga lebih terarah. Rencana pelaksanaan
pembelajaran dikembangkan dengan rinci dari materi pokok. Model
pembelajaran adalah rangkaian penyajian materi ajar yang ada dalam rencana
pelaksanaan pembelajaran.Model pembelajaran yang dapat membuat suasana
pembelajaran lebih aktif dan menarik sehingga peserta didik dapat termotivasi
ketika pembelajaran berlangsung.Pada tulisan ini, peneliti menganalisis model
pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran
surat pribadi dan surat dinas kelas VII SMPIT Zaid bin Tsabit Kota Bogor dan
SMP Al Azhar Plus Kota Bogor. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui
mengetahui kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery
learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran surat pribadi dan surat dinas
kelas VII SMPIT Zaid BinTsabit Kota Bogor dan SMP Al Azhar Plus Kota
Bogor. Penelitian dilakukan pada tiga pertemuan yang terdapat dalam rencana
pelaksanaan pembelajaraan tersebut. Metode penelitian kualitatif menggunakan
teknik triangulasi (gabungan) untuk mengumpulkan data. Pengumpulan data
pada penelitian dilakukan dengan membaca langkah-langkah model
pembelajaran discovery learning. Keabsahan data analisis temuan dilakukan
oleh triangulator yang berjumlah tiga orang. Tujuan dari penelitian ini, agar
penelitidapat mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran discovery
learning. Hasil didapatkan dan telah dicek keabsahannya oleh tiga triangulator
yang menganalisis langkah-langkah model pembelajaran discovery learning
yang terdapat pada rencana pelaksanaan pembelajaran telah sesuai. Terdapat
dari masingmasing RPP yaitu 42 data yang ditemukan. Pada pertemuan satu
mengenal dan memahami surat, lalu pada pertemuan kedua mengenal ciri surat
pribadi dan surat dinas. Pada pertemuan ketiga mengidentifikasi ciri surat dinas
dan redaksi yang digunnakan pada setiao pertemuan hanya diganti dengan
materi pembelajaran yangakan belangsung.
2020SI0062.C1 | 62 YUN | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain