Skripsi Indonesia
Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Teks Prosedur Siswa Kelas XI MA Islamiyah Ciputat Tangerang
Miftah Bahtyas: “Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Prosedur Siswa Kelas XI MA
Islamiyah Ciputat”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian kegiatan sintak model
pembelajaran discovery learning yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) teks prosedur siswa kelas XI MA Islamiyah Ciputat. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan menggunakan teknik studi
pustaka dan teknik triangulasi. Teknik studi pustaka digunakan untuk pengumpulan
data yang ditemukan dalam RPP. Sumber data pada penelitian ini adalah RPP teks
prosedur kelas XI MA Islamiyah dengan tiga kali pertemuan dan menggunakan model
pembelajaran discovery learning yang terdiri dari enam tahapan yaitu tahap stimulation
(stimulasi/pemberian rangsangan), problem statement (identifikasi masalah), data
collection (pengumpulan data), data processing (pengolahan data), verification
(pembuktian), dan generalization (menarik kesimpulan). Teknik triangulasi digunakan
untuk pengecekan keabsahan data yang sudah dianalisis. Berdasarkan hasil analisis,
menunjukan bahwa hasil temuan keseluruhan terdapat 48 data dengan rincian, tahap
stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan) ditemukan 15 data, tahap problem
statement (identifikasi masalah) ditemukan 3 data, tahap data collection (pengumpulan
data) ditemukan 15 data, tahap data processing (pengolahan data) ditemukan 6 data,
tahap verification (pembuktian) ditemukan 6 data, dan tahap generalization (menarik
kesimpulan) ditemukan 3 data. Hasil analisis ini sudah melakukan pengecekan
keabsahan data dan disetujui oleh ketiga triangulator mengenai kesesuaian sintak
model pembelajaran discovery learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) teks prosedur siswa kelas XI MA Islamiyah Ciputat. Hal ini dapat menunjukan
bahwa kegiatan yang terdapat dalam RPP teks prosedur kelas XI MA Islamiyah sudah
sesuai dengan sintak model pembelajaran discovery learning.
Kata kunci: Model Discovery Learning, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran),
dan Teks Prosedur.
Tidak tersedia versi lain