Skripsi PGSD
Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika; Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tapos 3 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021
Hasan Saputra 037117034, Analisis Faktor Kesulitan Belajar
Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor,
2021. Penelitian ini dilaksanakan dengan Pendekatan Penelitian
Kualitatif Deskriptif. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui
faktor kesulitan belajar matematika serta mengetahui upaya yang
dapat dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika.
Subjek dalam penelitian ini merupakan enam peserta didik kelas IV
Sekolah Dasar Negeri Tapos 3 Depok. Pengumpulan data pada
penelitian ini dilaksanakan dengan cara melakukan observasi,
wawancara dan juga pengumpulan data dan dokumentasi guna
menunjang penelitian. kesulitan belajar matematika yang
disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Secara faktor
internal siswa meliputi sikap belajar siswa yang mempunyai sikap
negatif tidak menyukai mata pelajaran matematika, motivasi belajar
siswa yang hanya belajar pada saat ulangan matematika saja, dan
kesehatan tubuh siswa yang merasakan pusing saat belajar
matematika. Sedangkan faktor ekternal yaitu kurangnya variasi
mengajar guru, sarana prasarana yang masih belum lengkap serta
lingkungan keluarga yang belum maksimal dalam mendampingi
belajar peserta didik. Upaya untuk mengatasi kesulitan belajar
matematika telah dilaksanakan oleh guru, orang tua dan siswa.
Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa seperti
menjelaskan materi lagi, apabila mengumpulkan tugas namun
jawaban siswa belum benar maka guru menuliskan jawaban yang
benar, apabila nilai dibawah KKM biasanya ada remedial namun
pada kondisi seperti ini tidak ada hanya diadakan ketika pertemuan
ofline saja. Sedangkan upaya orang tua yaitu mendampingi siswa
dalam belajar, apabila orang tua tidak mengerti ada sebagian orang
tua mencari di internet. Ada juga orang tua yang mendaftarkan
anaknya mengikuti jam tambahan diluar jam sekolah namun dari
enam siswa hanya satu orang siswa yang mengikuti pembelajaran
tambahan diluar jam sekolah.
Kata kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar
2024SPGSD0164.C1 | 164 SAP | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain