Text
Pengembangan E-Modul Berbantuan Bookcreator pada Materi Bagaimana Bentuk Indonesiaku: Pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedung Badak 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024
iv
ABSTRAK
Marisa 037120063. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk
dan mengetahui kelayakan e-modul berbantuan Bookcreator pada materi
bagaimana Bentuk Indonesiaku kelas V SDN Kedung Badak 2 Kota Bogor
semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model
ADDIE. Dalam menyempurnakan produk e-modul berbantuan Bookcreator
pada materi bagaimana bentuk Indonesiaku yang telah dilakukan uji
validasi dengan pakar ahli materi, ahli bahasa, ahli media. Hasil yang
diperoleh adalah nilai validasi akhir dari ahli materi diperoleh 98% yang
artinya sangat baik dan dapat digunakan, hasil akhir dari ahli bahasa
diperoleh 95,6% yang artinya sangat baik untuk digunakan, lalu yang
terakhir hasil akhir dari ahli media diperoleh 86% yang artinya sangat baik
digunakan. Hasil dari uji coba terhadap 19 peserta didik kelas V-B diperoleh
hasil bahwa pengembangan e-modul berbantuan Bookcreator pada materi
bagaimana bentuk Indonesiaku memiliki nilai kelayakan sebesar 89% yang
artinya sangat baik digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran dan
memiliki nilai dari respon guru 92% yang artinya sangat baik digunakan.
Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dinyatakan sangat
valid oleh ketiga validator dengan perolehan nilai 98% dari ahli materi,
96,6% dari ahli bahasa, 86% dari ahli media, 89% dari respon peserta didik,
dan 92% dari respon guru, dari hasil tersebut terdapat hasil rata-rata 92%
dari keseluruhan.
Kata Kunci: Pengembangan, E-modul, Bookcreator
2024PGSD0014.C1 | 14 MAR 2024 | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain