Skripsi PGSD
Pengembangan Bahan Ajar Augmented Reality Dengan Assemblr pada Materi Siklus Air
Nyimas Widya Surtiningtyas. 037120037. Pembelajaran yang
menyenangkan dan bermakna merupakan salah satu kunci meningkatkan
motivasi belajar peserta didik yang dapat diwujudkan melalui penggunaan
bahan ajar yang didukung dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar Augmented Reality
dengan Assemblr pada Materi Siklus Air dan untuk menguji kelayakan serta
keefektifan produk bahan ajar Augmented Reality dengan Assemblr pada
Materi Siklus Air. Penelitian ini menggunakan metode Research and
Development dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian peserta
didik kelas V-F SDN Polisi 1 Kota Bogor yang terdiri 29 peserta didik,
penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024.
Pengumpulan informasi dilakukan dengan observasi, wawancara, penilaian
angket dari ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi yang terdiri dari ahli
materi dosen dan guru, soal pretest-posttest serta angket respon guru dan
peserta didik. Hasil validasi oleh ahli media, ahli bahasa, ahli materi oleh
dosen, dan ahli materi oleh guru mendapat rata-rata persentase sebesar
90% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil angket respon
guru mendapat 95% dan hasil angket respon peserta didik mendapat 93%
dengan kategori sangat layak, dan nilai rata-rata N-Gain hasil belajar yaitu
0,78 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa bahan ajar Augmented Reality dengan Assemblr sangat layak
digunakan dalam proses pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Assemblr, Augmented Reality, Bahan Ajar
2024SPGSD0017 | 17 SUR P 2024 | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain