Skripsi PGSD
Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay pada subtema Kewajiban dan Hakku di Rumah
Diska Putri Alifya 037120028. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran
Menggunakan Educaplay pada Subtema Kewajiban dan Hakku di Rumah.
Penelitian ini untuk menghasilkan produk evaluasi pembelajaran menggunakan
educaplay pada subtema kewajiban dan hakku di rumah, di kelas III-A SDN
Ciheuleut 02 dengan jumlah 23 peserta didik. Pengembangan produk ini
menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Penelitian dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan, analisis
kurikulum, analisis peserta didik dan desain produk. Kemudian
mengembangkan produki evaluasi pembelajaran, melakukan validasi ahli lalu
melakukan uji coba terbatas evaluasi pembelajaran menggunakan educaplay
pada subtema kewajiban dan hakku di rumah pada responden yang telah
ditentukan. Hasil penelitian validasi dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli media
menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan educaplay ini
sangat valid dan sangat layak digunakan dengan memperoleh persentase rata-
rata sebesar 93,32%. Pada tahap uji coba dibatasi sebanyak 23 peserta didik
memberikan responden dengan sangat baik dan sangat menarik digunakan
dengan memperoleh persentase rata-rata sebesar 88,52%. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan
educaplay pada subtema kewajiban dan hakku di rumah yang dikembangkan
pada penelitian ini terbukti valid, mudah dan menarik untuk digunakan peserta
didik serta layak untuk dipelajari.
Kata kunci: Pengembangan, Evaluasi Pembelajaran , Educaplay
2024SPGSD0026.C1 | 26 ALI P 2024 | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain