Text
Penerapan Model Quantum Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan hasil Observasi Kelas VII Mts Al Asiyah Cibinong.
Siti Handayani. 032119082. Penerapan Model Quantum Learning Dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan hasil Observasi Siswa
Kelas VII MTs Al Asiyah Cibinong. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di
bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd.
Model pembelajaran yaitu suatu desain yang menggambarkan proses rinci
penciptakan lingkungan yang memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran
agar terjadi perubahan atau perkembangan diri peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Quantum Learning dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII
MTs Al Asiyah Cibinong. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan
teknik pengumpulan data tes dan nontes. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas
VII MTs Al Asiyah Cibinong. Sampel penelitian ini VII-2 sebagai kelas
eksperimen dan VII-1 sebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama penerapan Model
Quantum Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VII teruji
kebenarannya. Hal ini terbukti diperolehnya data pretest kelas eksperimen dengan
nilai rata-rata 61,81 (cukup mampu), sedangkan hasil posttest kelas eksperimen
meningkat dengan nilai rata-rata 89,56 (sangat mampu). Hasil perhitungan
perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan rumus uji t,
diperoleh data harga thitung = 5,66 dan d.b. 50 dan diperoleh harga ttabel taraf
signifikansi 1% = 1,67 dan harga ttabel taraf signifikansi 5% = 2,40. Dengan
demikian, nilai thitung lebih besar dari ttabel 1% maupun ttabel 5%. Karena nilai
ttabel
Tidak tersedia versi lain