Text
Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbantuan Wordwall pada Materi Balok dan Kubus Kelas IV Sekolah Dasar.
vi
ABSTRAK
Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah pengaplikasian media
belajar yang masih bersifat konvensional, tidak ada unsur permainan dalam
pembelajaran, dan karakter peserta didik yang terbiasa dengan melakukan
kecurangan ketiga mengerjakan soal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)
mengembangkan evaluasi pembelajaran berbantuan Wordwall, (2)
mengetahui kepraktisan dan kelayakan evaluasi pembelajaran berbantuan
Wordwall pada materi balok dan kubus kelas IV SD, (3) mengetahui peserta
didik terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan
metode (R&D) Research and Development dengan model ADDIE. Subjek
penelitiannya adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Roda Bogor dengan
jumlah 27 orang, sedangkan objeknya adalah evaluasi pembelajaran
Wordwall yang dikembangkan. Interpretasi dari validasi ahli media, ahli
bahasa, dan ahli materi medapatkan penilaian yang tinggi, (skor validasi
ahli media 90%), (skor validasi ahli bahasa 100%), dan (skor validasi ahli
materi 98%). Secara keseleruhan hasil validasi ahli masuk ke dalam kriteria
“sangat layak”. Sedangkan implementasi instrumen mendapatkan respon
dari peserta didik dengan rata-rata persentase 97%. Evaluasi pembelajaran
berbantuan Wordwall ini telah memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan
kelayakan agar dapat diaplikasikan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Evaluasi Pembelajaran, Wordwall
2024SPGSD0034.C1 | 34 MUH 2024 | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain