Text
Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil Belajar Matematika Bangun datar.
Najhan Azkia, 037120002. Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based
Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika
Bangun Datar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2024.
Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based
Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika bangun
datar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Neglasari 03 Kabupaten
Bogor Kelas IV.A dan IV.B pada bulan Mei semester genap. Instrumen
penelitian menggunakan instrumen pretest dan posttest yang menghasilkan
perhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 83 dengan
kriteria tinggi dan nilai N-Gain model Discovery Learning sebesar 68
dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan
model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas
kontrol dengan model Discovery Learning. Peneliti juga melakukan uji
normalitas dengan uji lilliefors kedua sampel berdistribusi normal karena
nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem
Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,085 ≤ 0,161 dan pada
kelompok kelas Discovery Learning di dapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,092 ≤
0,161. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen
karena lebih kecil dari X2
tabel, didapatkan nilai 1,33 ≤ 1,84. Selanjutnya pada
uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 18,75 lebih besar dari ttabel sebesar
2,00324, menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis
alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat
dinyatakan bahwa model Problem Based Learning dan Discovery Learning
memiliki perbedaan terhadap hasil belajar matematika bangun datar,
dengan kata lain bawa model Problem Based Learning lebih efektif
daripada model Discovery Learning pada materi bangun datar.
2024SPGDS0036.C1 | 36 AZK 2024 | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain