Skripsi PGSD
Pengembangan E-Modul Interaktif Dalam Pembelajaran Teks Drama Kelas Xl SMAN 1 Cijeruk Kabupaten Bogor
Nuning Wahyuni. 032120028. Pengembangan E-Modul Interaktif dalam
Pembelajaran Teks Drama Kelas XI SMAN 1 Cijeruk Kabupaten Bogor.
Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Eri
Sarimanah, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Bahan ajar memiliki peranan penting dalam pembelajaran, karena membantu
pendidik dalam proses pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan pembelajaran abad
21, di mana bahan ajar sudah mengalami perkembangan, salah satunya terciptanya
bahan ajar yang lebih praktis dan interaktif. Namun, bahan ajar yang masih
digunakan di SMAN 1 Cijeruk yaitu buku cetak serta modul pdf. Adapun tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berupa e-modul
interaktif yang telah dibuat dan bagaimana efektivitas dari bahan ajar tersebut.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation dan Evaluation). Hasil produk dari validasi ahli materi
mendapatkan skor 81% (sangat valid), hasil validasi dari ahli materi mendapatkan
skor 85% (sangat valid), dan hasil validasi dengan ahli media mendapatkan skor
88% (sangat valid) sehingga produk dinyatakan layak untuk digunakan dalam
pembelajaran. Selain itu, hasil respons dari pendidik mendapatkan skor 100%
dengan kriteria sangat valid serta hasil respons dari peserta didik mendapatkan skor
80% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi dan hasil respons menunjukkan
bahwa produk tersebut layak untuk digunakan dalam pembelajaran khususnya
pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi teks drama.
Kata kunci: Bahan Ajar, E-modul Interaktif, dan Teks Drama.
Tidak tersedia versi lain