Text
Analisis pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam Pembentukan Karakter Mandiri Siswa Kelas IV
Ifani Julianti 037120003. Analisis Pembelajaran Pendidikan Pancasila
Dalam Pembentukan Karakter Mandiri Siswa Kelas IV. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pembelajaran pendidikan pancasila dalam
pembentukan karakter mandiri siswa kelas IV SD Negeri Bantarkemang 2.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif melalui
Pendekatan Studi Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran pendidikan pancasila dalam pembentukan karakter mandiri
siswa sudah terlaksana cukup baik, mulai dari perencanaan isi perangkat
pembelajarannya yang terdapat muatan nilai-nilai karakter mandiri hingga
pelaksanaannya guna untuk membantu pembentukan karakter mandiri
siswa kelas IV, walaupun dalam kenyataanya ada beberapa faktor
penghambat yang mempengaruhi pembentukan karakter mandiri siswa
kelas IV. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran pendidikan pancasila
yang dilakukan di kelas sudah cukup membantu siswa menjadi manusia
yang bersikap dan berperilaku mandiri.
Kata kunci: Pendidikan Pancasila, Karakter Mandiri
Tidak tersedia versi lain