Skripsi PGSD
Analisis Karakter Gemar Membaca Melalui Kegiatan Pembiasaan Literasi Di Kelas IV
Analisis Karakter Gemar Membaca Melalui Kegiatan Pembiasaan
Literasi di kelas IV. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Universitas Pakuan 2024. Pendekatan Penelitian Kualitatif
Deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang
menerapkan pembiasaan literasi untuk menumbuhkan karakter gemar
membaca. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap
2023/2024. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode
triangulasi yaitu gabungan dari hasil observasi (pengamatan),
wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data
yang tidak relevan, data dipaparkan secara sistematis, dan menarik
kesimpulan terhadap temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan
bahwa pembiasaan literasi menjadi upaya untuk menumbuhkan
karakter gemar membaca pada siswa. Hal itu dikarenakan siswa kelas
IV sudah dibiaskan melaksanakan kegiatan pembiasaan literasi
membaca 15 menit sebelum pembelajaran. Terdapat dua faktor yang
mempengaruhi karakter gemar membaca, yaitu faktor faktor
penghambat kurangnya peran orang tua dirumah untuk menanamkan
kebiasaan membaca, faktor pendukung peran sekolah yang
memberikan motivasi dan menyediakan program pembiasaan
membaca untuk menumbuhkan karakter gemar membaca. Upaya yang
dilakukan sekolah dalam terlaksananya kegiatan literasi dengan
mensosialisasikan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah kepada guru
kelas, mengembangkan sarana dan prasarana untuk kegiatan
pembiasaan literasi membaca seperti menyediakan dan meningkatkan
jumlah buku bacaan yang lebih bervariatif.
Kata Kunci : Karakter Gemar membaca, Pembiasaan Literasi
2024SPGSD0051.C1 | 51 RAH a 2024 | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain