Skripsi PGSD
Analisis Interaksi Sosial Anak Autis Di Sekolah Dasar
Kania Cahya Riandani. 037120017. Analisis Interaksi Sosial Anak Autis di
Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus
dengan penelitian kualitatif pada Peserta Didik di Kelas II Sekolah Dasar
Negeri Perwira Kota Bogor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggabungkan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek
penelitian peserta didik penyandang autis kelas II Sekolah Dasar Negeri
Perwira Bogor, penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran
2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi sosial anak
autis autis di Sekolah Dasar Inklusi dan mendeskripsikan cara guru
membimbing anak autis dalam berinteraksi sosial. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa ketika di kelas subjek lebih senang menyendiri dan
asyik dengan dunianya. Subjek dapat menjawab pertanyaan apabila
diajukan pertanyaan berulang kali. Ketika menjawab pertanyaan subjek
menjawab pertanyaan dengan bahasa yang baku dan sesekali
menggunakan bahasa asing atau dengan mengulangi ucapan lawan bicara.
Ketika di kelas subjek juga sering menggelengkan kepalanya ketika
menolak sesuatu dan menarik tangan orang lain ketika ingin meminta
sesuatu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial yang
dilakukan anak autis diantaranya secara lisan, bahasa tubuh, dan membeo.
Secara lisan yaitu menggunakan bahasa baku dan bahasa asing, secara
bahasa tubuh seperti menggelengkan kepala dan menarik tangan orang
lain, dan mengulangi ucapan orang lain (membeo). Penanganan yang
diberikan oleh guru untuk menangani masalah interaksi sosial subjek
diantaranya adalah memberikan pembiasaan dan melakukan pengulangan
kata-kata. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pengetahuan
baru mengenai interaksi sosial anak autis dan penanganannya.
Kata kunci: anak autis, interaksi sosial
2024SPGSD0048.C1 | 48 KIA a 2024 | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain