Text
Hubungan kemampuan membaca Pemahaman dengan Kemampuan Meringkas Teks Eksemplum pada Siswa Kelas XI SMP MTs. Darul 'Ulum Cimahpar Kota Bogor
Irawati Luthsy. Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan
Keterampilan Meringkas Teks Eksemplum pada Siswa Kelas IX MTs. Darul
’Ulum Cimahpar Kota Bogor. Skripsi Program Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor,
2017.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan keterampilan membaca
pemahaman dengan keterampilan meringkas teks eksemplum. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik korelasi.
Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IX MTs. Darul ’Ulum Cimahpar Kota
Bogor, dengan jumlah sampel 30 siswa.. Teknik pengambilan sampel dilakukan
secara quota random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
memberikan tes untuk mengetahui keterampilan membaca pemahaman siswa serta
untuk mengetahui keterampilan meringkas teks eksemplum. Teknik analisis data
dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil nilai rata-rata tes
keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IX MTs. Darul ’Ulum
Cimahpar Kota Bogor yaitu sebesar 79 dengan kualifikasi baik, dan nilai rata-rata
keterampilan meringkas teks eksemplum sebesar 73 dengan kualifikasi cukup.
Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif antara keterampilan membaca
pemahaman dengan keterampilan meringkas teks eksemplum pada taraf 5% Ha
diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukan bahwa kontribusi keterampilan
membaca pemahaman dengan keterampilan meringkas teks eksemplum sebesar 0,370
atau dalam taraf rendah. Berdasarkan koefisien korelasi teoretik atau tabel yang
terdapat pada tabel korelasi product moment, diperoleh keterangan bahwa taraf
signifikan 5% terhadap N=30 adalah 0,367. Maka hasil rtabel (5% = 0,367) < rhitung
0,370). Berdasarkan kenyataan ini, diketahui terdapat hubungan positif antara
keterampilan membaca pemahaman yang diperoleh dari hasil analisis korelasi yang
menunjukkan bahwa koefisien korelasi 0,370 lebih besar dari taraf signifikan 5%
terhadap N=30 yaitu 0,367. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan positif antara keterampilan membaca pemahaman (X) dengan keterampilan
meringkas teks eksemplum (Y) pada taraf 5% Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan
kata lain, 37% keterampilan membaca pemahaman memberikan kontribusi terhadap
keterampilan meringkas teks eksemplum, sedangkan 63% lainnya dipengaruhi oleh
variabel lain
2017SI0162.C1 | 162 LUT h 2017 | Rak Skripsi Indonesia (rsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain