Skripsi Indonesia
Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Vlll SMP Negeri 2 Ciomas Bogor
Adinda Suci Permata Ardiantini Puteri: Penerapan Media Pembelajaran
Berbasis Aplikasi Tiktok dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa
Kelas VIII Smp Negeri 2 Ciomas, Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Pakuan, 2023.
Keterampilan berbicara merupakan kemampuan menyampaikan suatu ide, pikiran,
dan segala macam bentuk gagasan secara lisan dengan penyampaian yang baik dan
mudah dipahami oleh orang lain. Kemampuan berbicara perlu dilatih secara rutin
untuk menjadikannya sebagai suatu keterampilan sehingga sampai saat ini masih
rendahnaya keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran. Perlunya
pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk melatih dan membentuk keterampilan
berbicara peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan
berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ciomas Bogor dalam meningkatkan
keterampilan berbicara khususnya pada materi teks berita. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu tes dan angket. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan
teknik random sampling yaitu menjadi dua kelas kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Penelitian ini dilakukan pada tiga pertemuan yaitu pemberian pretest,
pemberian perlakuan¸dan posttest. pada kelas eksperimen perlakuan yang diberikan
yaitu menggunakan media berbasis aplikasi TikTok dalam mengomunikasikan teks
berita. Hipotesis pertama yaitu penerapan aplikasi TikTok dapat meningkatkan
keterampilan berbicara khususnya dalam mengomunikasikan teks berita terbukti
berhasil dan dapat diuji kebenarannya. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan
mean menggunakan rumus t-test, diperoleh nilai thitung = 6,41 sedangkan tt (ttabel)
=2,66 dan 1,67 maka to (thitung) lebih besar dari tt (ttabel) dari taraf signifikan 1%
maupun 5% sehingga hasilnya dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Kemudian, hipotesis kedua dapat diterima kebenarannya dengan 30 siswa
menyatakan mengalami kendala dalam mengomunikasikan teks berita, namun
dapat terselesaikan dengan penerapan aplikasi TikTok. Sebanyak 27 siswa dengan
persentase 84% menganggap aplikasi TikTok dapat meningkatkan keterampilan
mengomunikasikan teks berita. Siswa juga tidak memiliki kendala dalam penerapan
aplikasi TikTok dalam pembelajaran teks berita yaitu dibuktikan dengan 29 siswa
dengan persentase 91% merasa penerapan aplikasi TikTok membantu siswa dalam
mengomunikasikan teks berita.
Kata kunci: keterampilan berbicara, teks berita, aplikasi TikTok
2023SI0047.C1 | 47 PUT p 2023 | Rak Skripsi Indonesia (rsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain