Text
Pengembangan Soal evaluasi pembelajaran menggunakan wordwall pada materi siklus air
Aura Adinda. 037120024. Pengembangan Soal Soal evaluasi
Pembelajaran Menggunakan Wordwall Pada Materi Siklus Air. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development)
dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk
Mengembangkan soal evaluasi pembelajaran menggunakan wordwall pada
materi siklus air untuk mengetahui kelayakan produk tersebut. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Batutulis 3 Bogor pada bulan Mei 2024. Dilakukan
pada kelas V-C tahun akademik 2023/2024 sebanyak 20 peserta didik.
Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi
ahli, angket respon peserta didik, dan angket respon guru terhadap soal
evaluasi pembelajaran menggunakan wordwall pada materi siklus air.
Teknik analisis data ini terdiri dari data kualitatif mengenai hasil wawancara
dan data kuantitatif mengenai hasil validasi ahli, respon peserta didik, dan
angket respon guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa soal evaluasi
pembelajaran menggunakan wordwall di kelas V-C SDN Batutulis 3 Bogor
pada pembelajaran berdasarkan rata-rata penilaian validasi ahli media
93,3%, rata-rata nilai validasi ahli bahasa 100%, rata-rata nilai validasi ahli
matero dengan kriteria 99%, hasil validasi tersebut masuk pada kategori
“sangat layak” digunakan. Berdasarkan angket respon peserta didik
sebesar 94%, masuk pada kategori “sangat layak”. Soal evaluasi
pembelajaran yang dikembangkan dapat membuat peserta didik dalam
mengerjakan soal evaluasi pembelajaran bersemangat dan tidak jenuh,
sehingga soal evaluasi pembelajaran tersebut sangat layak digunakan
dalam pembelajaran terutama materi siklus air.
Kata kunci : Soal evaluasi pembelajaran, Wordwall
Tidak tersedia versi lain