Text
Analisis Intrumen Evaluasi pada kurikulum Merdeka di SDN 1 Kota Bogor
Siti Maisaroh, 037120026. Analisis Instrumen Evaluasi Pada
Kurikulum Merdeka di SDN Polisi 1 Kota Bogor. Skripsi Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pakuan, 2024. ujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk
menganalisis instrumen evaluasi apa saja yang dominan digunakan pada
kurikulum merdeka di SDN Polisi 1 Kota Bogor. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu
guru, kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum.
Pengumpulan data menggunakan triangulasi gabungan informasi antara
hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil kajian penelitian bahwa instrumen evaluasi pada
kurikulum merdeka ini dilakukan sesuai dengan karakteristik kurikulum
tersebut adalah pembelajaran yang berpusat kepada siswa dimana
penilaian akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.
Dari sekian banyak teknik instrumen evaluasi, yang dominan digunakan
oleh guru di sekolah pada kurikulum merdeka adalah instrumen non-tes
yaitu (observasi dan wawancara) karena instrumen tersebut dapat
menggambarkan karakter siswa.
Kata Kunci: Instrumen Evaluasi, Kurikulum Merdeka
Tidak tersedia versi lain