Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Bahan Ajar Digital FlipBook Dalam Pembelajaran Membaca Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bogor
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Pengembangan Bahan Ajar Digital FlipBook Dalam Pembelajaran Membaca Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bogor

Suhilman/032119062 - Nama Orang;

Suhilman. 032119062. Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook dalam
Pembelajaran Membaca Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bogor. Skripsi.
Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Rina Rosdiana, M.Pd. dan
Stella Talitha, M.Pd.
Research and Development (R&D) merupakan suatu penelitian untuk
mengembangkan suatu produk. Adapun produk yang dihasilkan pada penelitian ini
yaitu bahan ajar digital flipbook materi cerpen. Materi cerpen dipilih berdasarkan
analisis kebutuhan yang didapatkan melalui wawancara peserta didik. Penelitian ini
dilakukan untuk menguji kelayakan dan keefektifan dari bahan ajar digital flipbook
materi cerpen dari hasil validasi ahli, hasil pre-test dan post-test, serta respon
peserta didik. Sasaran klien pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI-MIPA-1 yang
berjumlah 35 siswa. Adapun model pengembangan yang digunakan yaitu model
Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Tahapan dari model ini antara lain:
potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi
desain, uji coba produk, revisi produk. Berdasarkan uji validasi ahli media
diperoleh hasil dengan persentase 90%, uji validasi ahli bahasa diperoleh hasil
dengan persentase 91%, dan uji validasi ahli materi diperoleh hasil dengan
persentase 97%. Oleh karena itu, bahan ajar digital flipbook materi cerpen dapat
dinyatakan sangat layak. Selanjutnya hasil perhitungan N-Gain pre-test dan posttest
memperoleh rata-rata N-Gain 80,2%, dan hasil respons peserta didik memperoleh
persentase rata-rata 88,8%. Berdasarkan tabel kriteria efektivitas, hasil N-Gain pre-
test dan post-test dan hasil respons peserta didik dapat dinyatakan sangat baik. Hal
tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar digital flipbook sangat
layak dan efektif.
Kata kunci: penelitian pengembangan, model Borg dan Gall, bahan ajar,
flipbook, materi cerpen.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia 49 SUH
2023SI0049.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
49 SUH
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2023
Deskripsi Fisik
xiv, 134hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
49 SUH p 2023
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Bahan Ajar
penelitian pengembangan
model Borg
Gall
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rina Rosdiana, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Suhilman
  • Suhilman
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?