Skripsi Indonesia
Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis TPACK Pada Materi Teks Berita Kelas VII SMP Generus Mandiri BOGOR
Sabila Rohmah. 032120033. Pengembangan Media Pembelajaran Video
Berbasis TPACK pada Materi Teks Berita Kelas VII SMP Generus Mandiri
Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Rina
Rosdiana, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Penelitian pengembangan pada media pembelajaran perlu dilakukan sebab semakin
berkembangnya pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan yang memasuki
pembelajaran abad ke-21. Kebutuhan media pembelajaran video untuk siswa
dilakukan dalam memenuhi penerapan teks multimodal. Pengembangan dilakukan
melalui rancangan media pembelajaran pada materi teks berita dengan mengacu
kerangka kerja TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Tujuan
penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran video berbasis TPACK pada
materi teks berita, produk dinilai kelayakannya oleh validator, lalu di uji keefektifan
melalui angket respons guru dan siswa serta uji N-gain. Model ADDIE diterapkan
pada penelitian ini dengan tahapan analysis, design, development, implementation,
and evaluation. Validasi dilakukan oleh validator ahli melalui instrumen angket
yang menilai kelayakan produk. Hasil validasi dari ahli media sebesar 89,5%
dengan kriteria “sangat layak”, validasi ahli bahasa memperoleh skor 91,5% dengan
kriteria “sangat layak”, dan validasi ahli materi menghasilkan skor 96% kriteria
“sangat layak”. Hasil keefektifan produk yang diperoleh melalui angket respons
guru dengan skor 100% dan respons siswa sebesar 82%. Pemerolehan uji N-gain
terhadap hasil belajar siswa yang didapatkan melalui pre-test dan post-test adalah
0,8 dengan kriteria tinggi dan terjadinya peningkatan terhadap hasil belajar.
Peningkatan nilai rata-rata siswa setelah penggunaan media pembelajaran video
memiliki tingkat keefektifan dengan kriteria “efektif” sebesar 76,6%. Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan
media pembelajaran video berbasis TPACK pada teks berita layak dipakai sebagai
salah satu media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar kelas VII di SMP
Generus Mandiri Bogor.
Kata kunci: media pembelajaran video, model ADDIE, teks berita, TPACK
2024SI0012.C1 | 12 ROH | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain