Skripsi Indonesia
Analisis Kesalahan penggunaan Ejaan Pada Teks Berita Online DETIKNEWS Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP
Neng Saadah, 032120007. Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan pada Teks
Berita Online Detiknews serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa
Indonesia di SMP. Skripsi. Universitas Pakuan, Bogor. Di bawah bimbingan
Rina Rosdiana, M.Pd. dan Roy Efendi, M.Pd.
Analisis kesalahan penggunaan ejaan merupakan suatu prosedur untuk memeriksa
dan menilai kesalahan penulisan khususnya ejaan pada kata-kata atau frasa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan ejaan
berupa penggunaan huruf, penulisan kata, dan penggunaan tanda baca. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yang
berarti data penelitian yang ditemukan berupa kata-kata dan hasilnya akan
dipaparkan secara deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa
kutipan kalimat yang mengandung kesalahan penggunaan ejaan dalam teks berita
online Detiknews dengan rentang waktu bulan Oktober-Desember 2023, dengan
jumlah sebanyak 30 berita sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data
penelitian ini adalah dokumentasi dengan teknik pencatatan dengan melakukan
pengkajian terhadap teks berita online. Pengecekan keabsahan data dalam
penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Dari hasil penelitian, kesalahan
ejaan yang ditemukan sebanyak 95 data. Kesalahan tersebut meliputi penggunaan
huruf sebanyak 77, kesalahan penulisan kata sebanyak 13, dan kesalahan
penggunaan tanda baca sebanyak 5. Dengan demikian, jumlah kesalahan tersebut
dapat disimpulkan bahwa teks berita online Detiknews memiliki banyak kesalahan
ejaan khususnya pada kesalahan penggunaan huruf. Pada kesalahan penggunaan
huruf meliputi kesalahan penggunaan huruf kapital dan huruf miring. Kemudian
pada kesalahan penulisan kata meliputi singkatan, bilangan, gabungan kata, dan
bentuk ulang. Lalu kesalahan penggunaan tanda baca terdapat tanda koma. Kajian
kesalahan ejaan dapat dijadikan sebagai materi ajar pada pembelajaran bahasa
Indonesia di SMP. Implikasi hasil penelitian pada pembelajaran teks berita di SMP
kelas VII termuat dalam kurikulum merdeka pada fase D dalam elemen menulis
disesuaikan berdasarkan capaian pembelajaran terkait menentukan dan menulis
struktur serta ciri kebahasaan teks berita.
Kata kunci: Ejaan, kesalahan ejaan, dan teks berita online
2024SI0018.C1 | 18 SAA | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain