Skripsi Indonesia
Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan POWTOON Pada Materi Teks Siswa Kelas VII SMP PUSPANEGARA KABUPATEN BOGOR
Septia Dwi Pratiwi. 032120036. Pengembangan Media Pembelajaran
Menggunakan Powtoon pada Materi Teks Berita Siswa Kelas VII SMP
Puspanegara Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah
bimbingan Dr. Sandi Budiana, M.Pd. dan M. Ginanjar Ganeswara, M.Pd.
Media pembelajaran adalah sesuatu yang bisa digunakan untuk proses belajar
mengajar di dalam kelas guna meningkatkan perhatian minat siswa dalam
belajar.Media pembelajaran yang digunakan di SMP Puspanegara Kabupaten
Bogor beberapa masih menggunakan media Powerpoint saja, sehingga
membutuhkan media pembelajaran yang inovatif dan efektif. Peneliti bertujuan
untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Powtoon pada mata
pelajaran bahasa Indonesia materi teks berita kelas VII di SMP Puspanegara
Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode
penelitian dan pengembangan (researchanddevelopment) dengan menggunakan
model ADDIE yaitu analysis (analisis), design (rancangan), development
(pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi).
Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi bahasa, validasi materi, validasi
media, respons pendidik, dan respons peserta didik. Kelayakan produk dapat dilihat
dari hasil validasi oleh validator media mendapatkan persentase 89% validator
bahasa mendapatkan persentase 95%, dan validator materi mendapatkan persentase
88,3%, dalam kriteria sangat layak. Hasil uji coba pada produk dapat dilihat
berdasarkan respons pendidik yang mendapatkan persentase 95% dan respons
peserta didik mendapatkan persentase 95%, dengan kriteria sangat layak.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
menggunakan Powtoon pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks berita
kelas VII layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci : media pembelajaran, Powtoon, teks berita.
2024SI0017.C1 | 17 PRA | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain