Skripsi Indonesia
Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Variasi Teams Games Tournament Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas VII SMP NEGERI 13 KOTA BOGOR
Widya Anjani. 032120006. Penerapan Model Problem Based Learning dengan
variasi Teams Games Tournament dalam Pembelajaran Keterampilan
Menulis Surat Pribadi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bogor.
Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Dr. H. Aam Nurjaman,
M.Pd. dan Wildan Fauzi Mubarock, M.Pd.
Model Problem Based Learning dengan variasi Teams Games Tournament
merupakan variasi model pembelajaran yang menuntut siswa untuk dapat
menyelesaikan masalah secara bersama melalui permainan kelompok. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dengan
variasi Teams Games Tournament dalam meningkatkan keterampilan menulis surat
pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bogor, serta untuk mengetahui
kendala siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi.
Populasi pada penelitian ini berjumlah 251 dengan jumlah sampel penelitian
sebanyak 72, yaitu 36 siswa kelas VII-A (eksperimen) dan 36 siswa kelas VII-B
(kontrol). Adapun Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random
Sampling. Hipotesis pertama mengenai penerapan model Problem Based Learning
dengan variasi Teams Games Tournament dapat meningkatkan keterampilan
menulis surat pribadi dapat dibuktikan kebenarannya. Hal ini dilihat dari hasil
pretest kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata 56,63 atau 57% berada
pada tingkat penguasaan kurang, sedangkan pada hasil posttest nilai rata-rata kelas
eksperimen meningkat menjadi 91,61 atau 92% dengan tingkat penguasaan sangat
baik. Hipotesis kedua, yaitu mengenai kendala siswa saat menulis surat pribadi
terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis data angket, secara umum siswa
mengalami kendala ketika menulis bagian isi surat pribadi berjumlah 17 atau 47%.
Demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning
dengan variasi Teams Games Tournament dapat meningkatkan keterampilan
menulis surat pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bogor, meskipun pada
saat membuat surat pribadi siswa mengalami kendala.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Model Teams Games Tournament,
Keterampilan Menulis, Surat Pribadi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain