Skripsi Indonesia
Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel SABAR TANPA BATAS Karya Adhitya Mulya Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
Suminar. 032120004. Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sabar
Tanpa Batas Karya Adhitya Mulya serta Implikasinya Terhadap
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor.
Di bawah bimbingan Dr. H. Aam Nurjaman, M.Pd. dan Mukodas, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengimplikasikan nilai
pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Sabar Tanpa Batas karya
Adhitya Mulya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif
kualitatif. Metode kualitatif deskriptif berupa menghasilkan data berupa ucapan,
tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati, lalu dideskripsikan sehingga
diperoleh data mengenai nilai-nilai pendidikan karakter. Hasil analisis pada
penelitian ini yaitu bahwa pada novel Sabar Tanpa Batas Karya Adhitya Mulya
nilai pendidikan karakter religius dengan jumlah 9 kutipan memiliki persentase
25%, nilai pendidikan karakter nasionalis 2 kutipan memiliki persentase 6%, nilai
pendidikan karakter mandiri 12 kutipan memiliki persentase 33%, nilai pendidikan
karakter gotong royong 7 kutipan memiliki persentase 19%, dan nilai pendidikan
karakter integritas 6 kutipan memiliki persentase 17%. Dapat disimpulkan bahwa
Novel Sabar Tanpa Batas karya Adhitya Mulya mengandung nilai-nilai pendidikan
karakter di dalamnya, melalui penggambaran karakter atau tokoh dalam novel
tersebut. Memiliki implikasi dan dapat dijadikan bahan ajar pada mata pelajaran
bahasa Indonesia di sekolah, terutama pada jenjang SMA. Implikasi terhadap
pembelajaran bahasa Indonesia di SMA sesuai dengan kurikulum merdeka
pelajaran bahasa Indonesia fase f “elemen membaca dan memirsa”, materi unsur
intrinsik dan ekstrinsik, capaian pebelajaran yaitu peserta didik mampu
mengevalusi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berfikir dari
membaca berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) di media cetak dan elektronik,
dengan tujuan pembelajaran peserta didik mampu mengidentifikasi akurasi
penggambaran karakter (tokoh), alur, serta situasi sosial-kemasyarakatan pada teks
cerpen atau novel
2024SI0013.C1 | 13 Sum | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain