Skripsi Indonesia
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN BOOK CREATOR PADA MATERI LINGUNGAN JADI RUSAK FASE C AWAL SEKOLAH DASAR
vii
ABSTRAK
Annastasya Maulida. 037120122. Pengembangan Bahan Ajar Digital
Menggunakan Book Creator Pada Materi Lingkungan Jadi Rusak Fase C
Awal Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D
(Research and Development) di Sekolah Dasar Negeri Gang Aut. Subyek
penelitian peserta didik kelas V-A Sekolah Dasar Negeri Gang Aut yang
terdiri dari 27 peserta didik. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun
pelajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan
Bahan Ajar Digital Menggunakan Book Creator Pada Materi Lingkungan Jadi
Rusak dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode
ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).
Pada penelitian ini menggunakan uji validasi kepada para ahli, yaitu ahli
media, ahli bahasa, dan ahli materi. Untuk mengembangkan dan
menyempurnakan bahan ajar digital book creator diperlukan respon peserta
didik dan guru. Hasil uji validasi oleh ahli media memperoleh hasil persentase
94,3% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa diperoleh persentase 100%
dengan keriteria sangat layak, ahli materi diperoleh persentase 91,43%
dengan kriteria sangat layak. Hasil angket respon peserta didik memperoleh
hasil persentase 80,67% dengan kriteria sangat layak, serta hasil angket
respon guru menunjukkan persentase 82% dengan kriteria sangat layak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital menggunakan
book creator layak digunakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di
sekolah dasar.
Kata Kunci: Bahan Ajar Digital, Book Creator
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain