Skripsi Indonesia
pengembangan lembar kerja peserta didik interaktif berbasis liveworksheets pada materi artikel ilmiah populer kelas viii smp puspanegara kabupaten bogor
Fayza Vinci Adisty. 032120025. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
Interaktif Berbasis Liveworksheets pada Materi Artikel Ilmiah Populer
Kelas VIII SMP Puspanegara Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas
Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Tri Mahajani, M.Pd. dan Ruyatul
Hilal M., M.Pd.
Berdasarkan prapenelitian yang telah dilakukan di SMP Puspanegara Kabupaten
Bogor, ditemukan bahwa lembar kerja peserta didik yang digunakan masih
bersifat konvensional dalam bentuk cetakan kertas, sehingga peserta didik merasa
bosan dan kurang antusias dalam menjawab soal-soal yang diberikan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menyusun rancangan pengembangan, mendeskripsikan
kelayakan serta efektivitas lembar kerja peserta didik interaktif berbasis
liveworksheets pada materi artikel ilmiah populer. Penelitian ini menggunakan
metode Research and Development dan model ADDIE yang terdiri dari lima
tahapan, yaitu analysis, design, development, implement, dan evaluate. Sasaran
penelitian ini adalah kelas VIII-3 dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik
pengumpulan data dilaksanakan dengan uji validasi dan angket. Analisis data
dilakukan melalui angket kelayakan dan angket respons. Hasil penelitian dan
pengembangan lembar kerja peserta didik interaktif berbasis liveworksheets pada
materi artikel ilmiah populer sangat layak digunakan, dengan persentase
kelayakan media sebesar 96%, kelayakan bahasa sebesar 100%, dan kelayakan
materi sebesar 100%. Keefektifan lembar kerja peserta didik interaktif berbasis
liveworksheets pada materi artikel ilmiah populer ditunjukkan dari hasil angket
respons guru sebesar 98% dengan kategori sangat efektif dan respons peserta
didik sebesar 80% dengan kategori efektif. Dengan demikian, lembar kerja peserta
didik interaktif berbasis livewokrsheets pada materi artikel ilmiah populer kelas
VIII sangat layak dan efektif digunakan oleh peserta didik maupun guru sebagai
media evaluasi pembelajaran.
Kata kunci: liveworksheets, lembar kerja peserta didik interaktif, artikel
ilmiah populer
2024S1024.C1 | ADI / P /2024 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain