Skripsi PGSD
Pengembangan Media Video Animasi Materi Hak Dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Menggunakan Doratoon
Lana Aristya Ali. 037120125. Pengembangan Media Video Animasi Materi Hak
dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Menggunakan Doratoon. Penelitian
Pengembangan didasari oleh permasalahan yang ditemukandi SD
Muhammadiyah Kota Bogor. Berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang
ditemukan adalah siswa mudah merasa bosan pada saat pembelajaran, siswa
masih kurang menangkap materi pembelajaran yang disajikan karena
cenderung monoton dan kurang bervariasi, siswa kelas rendah sangat
membutuhkan media perantara berupa video animasi. Penelitian ini
dikembangkan dengan tujuan: (1) mengembangkan media video animasi
mengenai hak dan kewajiban penggunaan sumber energi pada kelas III. (2)
mengetahui kelayakan media video animasi mengenai hak dan kewajiban
penggunaan sumber energi dengan uji validasi oleh ahli media, ahli bahasa, ahli
materi, respon guru, dan respon yang didapat dari siswa. Subjek yang diuji
cobakan merupakan siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini
menggunakan model ADDIE, meliputi Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian pengembangan ini berupa
presentase dari penskoran uji validasi oleh validator ahli media dengan skor
96% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa dengan skor 100% dengan
kategori sangat layak, ahli materi dengan skor 94% dengan kategori sangat
layak. Hasil penelitian menunjukkan reson positif dengan persentase skor yang
diperoleh berdasarkan angket respon guru sebesar 93% dengan kategori sangat
layak dan angket respon siswa sebesar 86% dengan kategori sangat layak.
Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video animasi materi hak dan
kewajiban penggunaan sumber energi menggunakan doraton ini layak untuk
digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan, video, animasi, doratoon
Tidak tersedia versi lain