Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan E-Modul Pada Materi Sistem Ekskreasi Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Pengembangan E-Modul Pada Materi Sistem Ekskreasi Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi

Shabrina Qonita / 036119019 - Nama Orang;

Qonita Shabrina. 036119019. Pengembangan E-Modul Pada Materi Sistem Ekskresi
Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi. Skripsi. Universitas
Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Istiana, S.Si., M.Pd. dan Rifki Risma
Munandar, M.Pd,
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran E-Modul
untuk kelas XI pada materi sistem ekskresi manusia. Lokasi penelitian ini dilakukan di
salah satu SMAIT yang berada di Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan
adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan
ADDIE. Model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation,
and Evaluation) yang dilaksanakan pada bulan Januari 2023 hingga Juni 2024. Populasi
dan sampel pada penelitian ini sebanyak 44 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu
kelas eksperimen (XI IPA 1) dan kelas kontrol (XI IPA 2). Instrument penelitian yang
digunakan adalah lembar validasi ahli, lembar validasi soal pilihan ganda, serta lembar
angket respon guru dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas,
uji homogenitas, dan uji t. Hasil uji-t menunjukkan, terdapat perbedaan yang signifikan
antara nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan e-
modul pada materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan penguasaan konsep
Biologi. Nilai post-test peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai post-
test pada kelas kontrol. Kelas kontrol kemampuan penguasaan konsep biologi rata-rata
pre-test dan post-test didapatkan nilai 66,67 dan nilai 79,49, sedangkan kelas eksperimen
memiliki rata-rata pre-test dan post-test sebesar 82,05 dan nilai 97,44. Penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa penggunaan E-Modul peserta didik kelas XI pada materi sistem
ekskresi manusia dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi.
Kata kunci: Biologi, E-Modul, Penguasaan Konsep Biologi


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) SHA
2024SB0009.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
09 SHA
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2024
Deskripsi Fisik
ii 130 hlmn
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
09 SHA p 2024
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Penguasaan Konsep Biologi
E-Modul
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Rita Istania, Ssi, M.pd dan Rifki Risma Munandar,M,pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?