Skripsi PGSD
Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Melalui Pendekatan Saintifik
Ismi Maulida, 037114388, Penerapan Model Problem Based Learning
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Bangga Terhadap
Daerah Tempat Tinggalku Melalui Pendekatan Saintifik pada siswa kelas
IV Sekolah Dasar Negeri Rancamaya 1 Kecamatan Bogor Selatan
Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor Tahun Pelajaran
2018/2019. Penelitian ini dengan desain dan metode Penelitian Tindakan
Kelas dan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki
proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pada subtema
bangga terhadap daerah tempat tinggalku, melalui pendekatan saintifik
dengan model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IV yang terdiri dari 40 siswa, penelitian ini dilakukan pada semester
genap tahun pelajaran 2018/2019 Sekolah Dasar Negeri Rancamaya 1.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penilaian proses pelaksanaan
pembelajaran di kelas pada siklus I dengan nilai rata-rata 80,5 dan siklus II
dengan nilai rata-rata 88,5 artinya penilaian proses pelaksanaan
pembelajaran di kelas meningkat atau berhasil. Begitupula dengan hasil
ketuntasan belajar siklus I diperoleh sebesar 70% dengan nilai rata-rata
72,90 dan pada siklus II diperoleh 92,5% dengan nilai rata-rata 82,5. Hal
tersebut dapat dikatakan bahwa penilaian ketuntasan hasil belajar siswa
sudah berhasil dengan indikator keberhasilan sebesar 80% dengan KKM
75. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa penerapan
model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa
pada subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku melalui
pendekatan saintifik dapat memperbaiki proses pembelajaran dan
meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Rancamaya 1 Kecamatan Bogor Selatan Kabupaten Bogor Semester
Genap Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Saintifik, Problem Based Learning.
Tidak tersedia versi lain