Skripsi Indonesia
Analisis Gaya Bahasa Perbandingan Dalam Teks Puisi Siswa Kelas X SMKM NUANSA BOGOR Serta Implikasinya Pada Pembelajaran di SMA/SMK.
Prita Pratiwi Munaji. Analisis Gaya Bahasa Perbandingan dalam Teks Puisi
Siswa Kelas X SMK Nuansa Bogor serta Implikasinya pada Pembelajaran di
SMA/SMK. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Indonesia, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa perbandingan seperti
perumpumaan, metafora, personifikasi, depersonifikasi, alegori, antithesis,
pleonasme/tautologi, perifrasis, antisipasi/prolepsis, dan koreksi/epanortosis dalam
teks puisi siswa kelas X SMK Nuansa Bogor dan untuk mendeskripsikan implikasi
analisis gaya bahasa perbandingan dalam teks puisi siswa kelas X SMK Nuansa
Bogor untuk siswa kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena
jenis datanya uraian. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan puisi dapat
berupa kata, frase, maupun kalimat yang mengandung gaya bahasa perbandingan
seperti perumpumaan, metafora, personifikasi, depersonifikasi, alegori, antithesis,
pleonasme/tautologi, perifrasis, antisipasi/prolepsis, dan koreksi/epanortosis pada
teks puisi siswa kelas X SMK Nuansa Bogor. Hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa dalam 25 teks puisi siswa terdapat 50 temuan gaya bahasa perbandingan yang
digunakan antara lain yaitu gaya bahasa perumpumaan, metafora, personifikasi,
depersonifikasi, alegori, antithesis, pleonasme/tautologi, perifrasis,
antisipasi/prolepsis, dan koreksi/epanortosis. Yang terdiri dari 6 data mengenai gaya
bahasa perumpumaan, 4 data mengenai gaya bahasa metafora, 12 data mengenai gaya
bahasa personifikasi, 2 data mengenai gaya bahasa depersonifikasi, 7 data mengenai
gaya bahasa alegori, 2 data mengenai gaya bahasa antithesis, 2 data mengenai gaya
bahasa pleonasme/tautologi, 4 data mengenai gaya bahasa perifrasis, 3 data mengenai
gaya bahasa antisipasi/prolepsis, dan 8 data mengenai gaya bahasa
koreksi/epanortosis. Gaya bahasa yang dominan dalam puisi siswa kelas X SMK
Nuansa Bogor adalah gaya bahasa personifikasi sebanyak 12 data/temuan. Hasil
penelitian ini, dapat digunakan oleh guru dapat mengevaluasi pembelajaran puisi
yang diberikannya pada siswa. Indikatornya yaitu siswa mampu memahami teori
tentang gaya bahasa dan menerapkannya dalam karya puisi. Selain itu, guru dapat
menjadikan penelitian ini sebagai model untuk menganalisis gaya bahasa pada puisi
karya siswa.
Kata Kunci : Gaya bahasa perbandingan, teks puisi.
2024SI0029.C1 | 29 MUN | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain