Skripsi Indonesia
Keefektifan Aplikasi Google Clasroom Pada Pembelajaran Teks Resensi Pada Kelas XI SMA NEGERI 1 CIAWI KABUPATEN Bogor
Intan Widiasari: Kefektifan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran
Menulis Teks Resensi Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Bogor,
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Google Classroom
dalam meningkatkan keterampilan menulis teks resensi pada peserta didik kelas XI
SMA Negeri 1 Ciawi Bogor, serta mengetahui kendala yang dialami peserta didik
dalam menulis teks resensi. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan
menggunakan teknik tes, angket, observasi. Teknik tes digunakan untuk
mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks resensi, menggunakan Google
Classroom. Teknik angket digunakan untuk mengetahui kendala peserta didik
dalam menulis teks resensi. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas
XI SMA Negeri 1 Ciawi Bogor dan sampel kelas XI MIPA 1 (x) XI MIPA 2 (y).
Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis
pertama terbukti kebenerannya, bahwa penerapan Google Classroom dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks resensi. Hal tersebut dapat dilihat dari
peningkatan keterampilan menulis teks resensi di kelas eksperimen. Hasil prates di
kelas eksperimen diperoleh bahwa peserta didik mempunyai tingkat kemampuan
nilai rata-rata 54,5. Hasil pascates di kelas eksperimen mempunyai tingkat
kemampuan dengan nilai rata-rata 73,45. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan
antara hasil pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom. Bukti tersebut
dikuatkan lagi dengan adanya perbedaan yang signifikan antara skor hasil tes kelas
eksperimen dengan Google Classroom dan kelas kontrol menggunakan Moodle.
Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus ttes, diperoleh harga t₀,₉₉ = 1,67 dan harga t₀,₉₅ = 2,00. Dengan demikian, t-hitung
jauh lebih besar dari pada t-tabel atau harga t-hitung signifikan nilai t-tabel
2022SB0083.C1 | 83 WID | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain