Skripsi Indonesia
Penerapan Metode Qutdoor Study Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII smp Yaspia Kabupaten Bekasi.
Fitri Oktaviani. 032120054. Penerapan Metode Outdoor Study Dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP
Islam Yaspia Kabupaten Bekasi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah
bimbingan Dra. Tri Mahajani, M.Pd dan Siti Chodijah, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode outdoor study dalam
meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Islam
Yaspia Kabupaten Bekasi, serta untuk mengetahui kendala siswa kelas VIII SMP
Islam Yaspia Kabupaten Bekasi dalam keterampilan menulis teks eksplanasi
dengan menerapkan metode outdoor study. Metode yang digunakan, yaitu
eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes dan nontes.
Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII SMP Islam Yaspia Kabupaten
Bekasi berjumlah 69 siswa. Sampel yang digunakan yaitu, kelas VIII B berjumlah
35 siswa, kelas eksperimen dan kelas VIII A berjumlah 34, kelas kontrol. Teknik
pengambilan sampel, yaitu random sampling. Berdasarkan hasil analisis data
hipotesis pertama, yaitu penerapan metode outdoor study dapat meningkatkan
keterampilan menulis teks eksplanasi dapat teruji kebenarannya. Hal ini dilihat dari
hasil prates yang diperoleh kelas eksperimen, bahwa keterampilan siswa berada
pada taraf interpretasi kurang mampu menulis teks eksplansi dengan nilai rata-rata
43,57. Pada hasil pascates siswa mengalami peningkatan pada taraf mampu dengan
nilai rata-rata 83,13. Peningkatan siswa sebanyak 39,56. Hal tersebut menunjukkan
bahwa setelah diterapkan metode pembelajaran outdoor study kelas eksperimen
mengalami peningkatan yang signifikan. Hipotesis yang kedua, yaitu terdapat
kendala yang dialami siswa dalam keterampilan menulis teks eksplanasi melalui
penerapan metode outdoor study teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, 11
siswa atau 37% terkendala dalam menentukan tema atau judul dalam menulis teks
eksplanasi, 9 siswa atau 30% terkendala dalam menentukan kaidah kebahasaan, dan
9 siswa atau 30% tidak mampu dalam menyusun kalimat teks eksplanasi. Dengan
demikian, metode pembelajaran outdoor study dapat meningkatkan keterampilan
menulis walaupun terkendala dalam penulisan teks eksplanasi.
Kata kunci: metode outdoor study, keterampilan menulis, teks eksplanasi
2021SE01231.C1 | OKT | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain