Skripsi Indonesia
Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Peta Pikiran (Mind Mapping) pada Materi Teks Eksplanasi Bagi Peserta Didik Kelas VIII
BAGJA TEGAR ANUGRAH. 032119004. Pengembangan Bahan Ajar Handout
berbasis Peta Pikiran (Mind Mapping) pada Materi Teks Eksplanasi bagi Peserta
Didik Kelas VIII. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah Bimbingan Dr.
Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar handout berbasis peta
pikiran (mind mapping) pada materi teks eksplanasi kelas VIII dan untuk mengetahui
kelayakannya dari para validator, guru, dan peserta didik. Metode penelitian yang
digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Devine,
Design, Develop, Dissemination) yang dilaksanakan pada bulan November 2022
sampai dengan Juni 2023. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII di SMP
Sejahtera 4 Dramaga, yang berlokasi di Jl. Babakan Dramaga No. 122, Kecamatan
Dramaga, Kabupaten Bogor. Dalam mengembangkan bahan ajar handout berbasis peta
pikiran (mind mapping), peneliti memperhatikan aspek materi, kebahasaan, dan media
yang disesuaikan dengan karakteristik dan peserta didik sehingga peneliti berhasil
mengembangkan bahan ajar handout ini. Bahan ajar handout ini telah memperoleh skor
validasi aspek materi 97,5%, aspek kebahasaan 100%, dan aspek media 100% dengan
keseluruhan memenuhi kriteria ‘valid’. Selain itu, diperoleh skor dari respons guru
sebesar 95% dan respons peserta didik sebesar 89,4% dengan kriteria ‘sangat baik’.
Hasil validasi dan respons tersebut mengartikan bahwa bahan ajar handout berbasis
peta pikiran (mind mapping) pada materi teks eksplanasi kelas VIII sangat layak untuk
digunakan secara luas.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Handout, Peta Pikiran
2023SI0023.C1 | 23 ANU | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain