Skripsi PGSD
Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan
Fadhilah Istiqomah Yogandena. 037117170. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Pakuan, 2024. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui
Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan
Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Peristiwa
Kebangsaan Masa Penjajahan. Pendekatan yang dilakukan adalah
Eksperimen Kuasi dengan desain dua grup. Adapun subjek penelitian ini
adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Palasari 03 tahun
pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 47 peserta didik. Pengumpulan data
penelitian menggunakan Pretest dan Posttest pada kelompok Kelas
Eksperimen menggunakan model Project Based Learning dan kelompok
Kelas Kontrol menggunakan model Problem Based Learning. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam penggunaan
penerapan dua model. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok
Kelas Eksperimen sebesar 54,6 dengan ketuntasan belajar 59%
sedangkan pada kelompok Kleas Kontrol sebesar 49,6 dengan ketuntasan
56%. Hasil pengajuan hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha
diterima karena thitung (3,343) > ttabel (2,021). Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa terdapat Perbedaan Penerapan Model
Pembelajaran Project Based Learning dengan Problem Based Learning
Terhadap Hasil Belajar Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan.
Kata kunci: Hasil Belajar, PjBL, PBL
2024PGSD0080.C1 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain