Skripsi Indonesia
Penerapan Media Film Pendek Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Puisi Pada Siswa Kelas VIII Smp Islam Kaunggading Pamijahan Bogor.
Fitri Febriyanti: Penerapan Media Film Pendek Dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Teks Puisi Kelas VIII SMP Islam Adzkiya
Kaunggading Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan
2022.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menulis teks puisi
siswa kelas VIII SMP Islam Adzkiya Kaunggading Bogor dalam meningkatkan
keerampilan menulis teks puisi menggunakan media film pendek. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah meide eksperimen. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian
ini yaitu siswa kelas VIII SMP Islam Adzkiya Kaunggading Bogor. Sampel
penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai
kelas kontrol dengan menggunakan teknik teknik total sampling. Hipotesis
pertama yaitu penerapan media film pendek dapat meningkatkan keterampilan
menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Islam Adzkiya Kaunggading Bogor
dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data
pratest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 47,75 (kurang mampu) dalam
menulis teks puisi, sedangkan hasil posttest kelas eksperimen dalam menulis teks
puisi meningkat dengan nilai rata-rata 80,60 (mampu). Hasil perhitungan
perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan
rumus uji t, diperoleh data data harga = 3,47 dengan hasil d.b. = 54.
Dilakukan uji pada tabel âtâ bahwa nilai d.b = 54 diperoleh dengan = 2,39
dan = 1,67. Dengan demikian, lebih besar dari pada atau
signifikan, yaitu (2,392,67). Hasil tersebut menunjukan bahwa
penerapan media film pendek dapat meningkatkan keterampilan menulis teks
puisi siswa kelas VIII SMP Islam Adzkiya Kaunggading Bogor. Hipotesis kedua
yaitu, terdapat berbagai kendala dalam menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP
Islam Adzkiya Kaunggading Bogor. Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya
hasil analisis angket yang dinyatakan sebanyak 16 siswa atau 57% mengalami
kendala dalam hal memilih kosa kata. Kemudian 16 siswa atau 57% mengalami
kendala dalam memadukan antar baris dalam tek puisi. Kemudian terdapat 21
siswa atau 75% mengalami kendala dalam menentukan majas. Kemudian
sebanyak 16 orang atau 57% mengalami kendala dalam menggunakan imaji atau
citraan.
Kata kunci: keterampilan menulis, teks puisi, media film pendek.
Tidak tersedia versi lain