Skripsi PGSD
Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Animaker Pada Materi Bangun Datar
Rayhan Imantaka 037120052. Pengembangan Media Pembelajaran
Video Animasi menggunakan Animaker Pada Materi Bangun Datar.
Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah penggunaan media
pembelajaran yang masih bersifat sederhana belum memanfaatkan
teknologi sehingga peserta didik kurang tertarik dan kurang memahami
materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan
media pembelajaran video animasi menggunakan animaker, (2)
mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi menggunakan
Animaker pada materi bangun datar kelas IV SD. Penelitian ini
menggunakan metode (R&D) Research and Development dengan model
ADDIE. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV SD Negeri
Semplak 1 Bogor dengan jumlah 25 orang, dengan mengembangkan
media pembelajaran video animasi menggunakan Animaker. Interpretasi
dari validasi ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi medapatkan penilaian
yang tinggi, (skor validasi ahli media 90%), (skor validasi ahli bahasa
98%), dan (skor validasi ahli materi 90%). Secara keseluruhan hasil
validasi ahli masuk ke dalam kriteria “sangat layak”. Sedangkan
implementasi instrumen mendapatkan respon dari peserta didik dengan
rata-rata persentase 95,4%. Media pembelajaran video animasi
menggunakan Animaker ini telah memenuhi kevalidan, dan kelayakan
agar dapat diaplikasikan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video animasi,
Animaker
Tidak tersedia versi lain