Skripsi PGSD
Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa : Melalui Pendekatan Penelitian Kausal Kelas IV SDN Cikeas Udik 05 Tahun Pelajaran 2021/2022.
Rio Pahlefi Paturrohman. Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Motivasi
Belajar Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa. Data
penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen angket untuk
kedua variabel. Uji validitas instrumen manajemen kelas dan motivasi
belajar siswa menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment
Pearson dan untuk Koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus
Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
Sekolah Dasar Negeri Cikeas Udik 05 yang berjumlah 91 siswa. Sampel
yang diambil 48 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane.
Pengujian Prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari
uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data
yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji
hipotesis yang hasilnya menunjukkan terdapat pengaruh manajemen
kelas terhadap motivasi belajar siswa. Teknik analisis regresi korelasi
sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam
bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 11,63+0,8X. Dengan harga thitung
sebesar 4,815 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,021
dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 34%. Berdasarkan
hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
manajemen kelasterhadap motivasi belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar
Negeri Cikeas Udik 05 Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor tahun
pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Motivasi Belajar Siswa
2022SPGSD0102.C1 | 102 PAT | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain