Skripsi PGSD
Analisis Unsur-Unsur Cerita Pendek dalam Karya Menulis Peserta Didik : Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Deskriptif di Kelas IV SDN Pasirtengah 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam menulis cerita pendek pada peserta didik kelas IV SD Negeri Pasirtengah 01 Kabupaten Bogor tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 24 karangan cerita pendek kelas IV SD Negeri Pasirtengah 01 dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, hasil tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Pasirtengah 01 Kabupaten Bogor. Berdasarkan hasil analisis data kesulitan yang dialami peserta didik ada pada tiga aspek yaitu aspek alur dengan persentase 39% dan aspek amanat dengan persentase 47%, nilai tersebut bermakna bahwa hampir seluruhnya peserta didik mengalami kesulitan. Selanjutnya, aspek kesesuian penggunaan bahasa cerpen dengan persentase 43%, nilai tersebut bermakna bahwa sebagian kecil peserta didik mengalami kesulitan.
Kata Kunci: Kesulitan Menulis, Cerita Pendek
2022SPGSD0160.C1 | 160 KHA | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain