Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup

Ramadhan, Nabilla Putri/032119001 - Nama Orang;

Nabilla Putri Ramadhan: Penerapan Model Project Based Learning (PjBL)
Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI
SMK Widya Dharma. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan
2023.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis teks prosedur siswa
kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup dan kendala yang dialami siswa kelas
XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup dalam meningkatkan keterampilan menulis
teks berita menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik
pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Populasi dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup. Populasi
penelitian ini yaitu kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup. Sampel penelitian
ini yaitu kelas XI-1 perkantoran sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2
perkantoran sebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model
Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks
prosedur pada siswa kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup dapat teruji
kebenarannya.
Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan
nilai rata- rata 52,89 (kurang mampu) dalam menulis teks prosedur, sedangkan
hasil pascates kelas eksperimen dalam menulis teks prosedur meningkat dengan
nilai rata-rata 88,00 (sangat mampu). Hasil perhitungan perbandingan mean kelas
eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data
harga thitung = 2,55 dan d.b. 48 dan diperoleh harga ttabel taraf signifikansi 1% =
2,40 dan harga ttabel taraf signifikansi 5% = 1,67. Dengan demikian, nilai thitung
lebih besar dari ttabel 1% maupun ttabel 5%. Karena nilai ttabel


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 52 RAM
2023SI0052.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
52 RAM
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2023
Deskripsi Fisik
ix, 115 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
52 RAM p 2023
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Project Based Learning
Keterampilan Menulis
Pjbl
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Prof. Dr. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Roy Efendi, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?