Skripsi Indonesia
Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup
Nabilla Putri Ramadhan: Penerapan Model Project Based Learning (PjBL)
Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI
SMK Widya Dharma. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan
2023.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis teks prosedur siswa
kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup dan kendala yang dialami siswa kelas
XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup dalam meningkatkan keterampilan menulis
teks berita menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik
pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Populasi dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup. Populasi
penelitian ini yaitu kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup. Sampel penelitian
ini yaitu kelas XI-1 perkantoran sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2
perkantoran sebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model
Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks
prosedur pada siswa kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup dapat teruji
kebenarannya.
Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan
nilai rata- rata 52,89 (kurang mampu) dalam menulis teks prosedur, sedangkan
hasil pascates kelas eksperimen dalam menulis teks prosedur meningkat dengan
nilai rata-rata 88,00 (sangat mampu). Hasil perhitungan perbandingan mean kelas
eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data
harga thitung = 2,55 dan d.b. 48 dan diperoleh harga ttabel taraf signifikansi 1% =
2,40 dan harga ttabel taraf signifikansi 5% = 1,67. Dengan demikian, nilai thitung
lebih besar dari ttabel 1% maupun ttabel 5%. Karena nilai ttabel
2023SI0052.C1 | 52 RAM | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain