Skripsi Indonesia
Pengembangan Bahan Ajar Brosur Berbasis Mind Mapping Pada Materi Teks Deskripsi Bagi Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor
RIZKY KAMILA. 032120037. Pengembangan Bahan Ajar Brosur Berbasis
Mind Mapping Pada Materi Teks Deskripsi Bagi Peserta Didik Kelas VII di
SMP Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan.
Bogor. Di bawah Bimbingan Prof. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Siti Chodijah,
M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar brosur berbasis mind
mapping pada materi teks deskripsi kelas VII serta uji kelayakan dari para validator,
pendidik, dan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and
Development (R&D) dengan model 4-D (Devine, Design, Develop, and
Disseminate) yang dilaksanakan pada bulan November 2023 sampai dengan Juni
2024. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII-8 SMP Negeri 1
Pamijahan. Dalam mengembangkan bahan ajar brosur berbasis mind mapping ini,
peneliti memperhatikan aspek materi, aspek bahasa, dan aspek media yang
disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sehingga peneliti berhasil
mengembangkan bahan ajar brosur berbasis mind mapping ini. Bahan ajar brosur
berbasis mind mapping ini telah memperoleh skor validasi aspek materi 100%,
aspek bahasa 100%, dan aspek media 86,25% dengan keseluruhan Memenuhi
kriteria valid. Selain itu, diperoleh skor dari respons guru sebesar 98,75% dan
respons peserta didik sebesar 95,14% dengan kriteria sangat baik. Hasil validasi dan
respons tersebut mengartikan bahwa bahan ajar brosur berbasis mind mapping pada
materi teks deskripsi kelas VII sangat layak untuk digunakan secara luas.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Brosur Berbasis Mind Mapping, Teks Deskripsi
2024SI0032.C1 | 32 KAM | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain