Skripsi Biologi
Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi : Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IPA SMA Al-Nur Cibinong Kabupaten Bogor
Azmi Megasari. 03611070. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dr.
Nandang Hidayat, M.Pd, dan Muhammad Taufik Awaludin, M.Pd.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi dengan rendahnya nilai Biologi
khususnya materi jaringan tumbuhan dan hewan yang pencapaian nilai yang
didapatkan masih dibawah target KKM sebesar 78 dengan kriteria keberhasilan
75% dari jumlah keseluruhan siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan
hasil belajar Biologi materi jaringan tumbuhan dan hewan kelas XI IPA SMA ALNUR Cibinong dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang yang bersifat heterogen.
Hasil evaluasi kognitif siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 74, 78 dengan
presentase pencapaian KKM sebesar 56,75% dan mengalami peningkatan pada
siklus II sebesar 81,08% dengan nilai rata-rata sebesar 81, 05. Presentase afektif
yang dicapai siswa pada siklus I sebesar 54,05% dengan skor rata-rata 67,84 dan
mengalami peningkatan pada siklus II 75,68% dengan skor rata-rata sebesar
69,62%. Tahapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Mind
mapping diawali dengan siswa memahami dan memandang sama atas berbagai
istilah dan konsep yang belum jelas yang ada dalam masalah. Guru membimbing
siswa untuk merumuskan masalah dengan kalimat sederhana tentang studi kasus
yang ditampilkan, setiap kelompok membuat peta konsep dan setiap
mengelompokkan gagasan yang sudah dibuat dan menganalisis keterkaitannya
dengan masalah, setiap kelompok mencari informasi yang relevan dan berdiskusi
memilih alternatif masalah dan mengkomunikasikan masalah yang sudah
diselesaikan. Proses pembelajaran tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa
menjadi meningkat. Berdasarkan hasil yang dicapai dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Mind
Mapping dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa dikelas XI IPA SMA
AL-NUR Cibinong.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning , Mind Mapping,
Hasil Belajar.
2018SB0114.C1 | 114 MEG | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain