Skripsi Indonesia
Analisis Penggunaan Kaidah Kebahasaan pada Teks Ulasan Siswa Kleas VIII SMPN 01 Rancabungur
Anggiliana Agustin. 032119036. Analisis Penggunaan Kaidah Kebahasaan
Pada Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Rancabungur. Skripsi.
Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan
Stella Talitha, M.Pd.
Analisis penggunaan kaidah kebahasaan merupakan suatu pemaparan kebahasaan
yang memiliki aturan, ketentuan, dan petunjuk dalam berbahasa dengan
membentuk suatu kata atau kalimat sebagai ciri pembeda pada setiap jenis teks.
Penelitian ini akan mengkaji penggunaan kaidah kebahasaan teks ulasan siswa
kelas VIII SMP Negeri 01 Rancabungur. Fokus penelitian ini adalah penggunaan
kaidah kebahasaan teks ulasan, dan subfokus penelitian ini adalah penggunaan
konjungsi penerang, penggunaan konjungsi temporal, penggunaan konjungsi
penyebab, dan penggunaan pernyataan saran atau rekomendasi. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kaidah kebahasaan teks ulasan siswa SMP Negeri
01 Rancabungur berupa konjungsi penerang, konjungsi temporal, konjungsi
penyebab, dan pernyataan saran atau rekomendasi. Metode penelitian yang
digunakan adalah kualitatif deskriptif, data yang ditemukan berupa kalimat dan
hasilnya dijabarkan secara deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini,
yaitu penggunaan kaidah kebahasaan pada teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri
01 Rancabungur dengan jumlah 40 teks ulasan siswa sebagai sumber data. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dengan melakukan
pengkajian terhadap teks yang dibuat siswa. Hasil analisis data ditemukan 65 data
penggunaan kaidah kebahasaan teks ulasan siswa dengan empat kaidah kebahasaan
yang digunakan. Secara keseluruhan kaidah kebahasaan yang banyak digunakan,
yaitu konjungsi penyebab (37%) konjungsi penyebab adalah konjungsi yang
menyatakan suatu keadaan atau kejadian karena penyebab tertentu dan konjungsi
temporal (35%) konjungsi temporal merupakan konjungsi yang berfungsi untuk
menghubungkan kalimat menyatakan waktu. Kemudian, kaidah kebahasaan yang
paling sedikit ditemukan adalah penggunaan konjungsi penerang (14%) Konjungsi
penerang adalah penghubung kata atau kalimat dan bisa juga paragraf untuk
menjelaskan atau menerangkan suatu kejadian atau peristiwa dan penggunaan
pernyataan saran (14%) pernyataan saran berlaku sebagai rekomendasi atau kritik
yang sesuai dengan kenyataan. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan
pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII dalam aspek
kebahasaan.
Kata kunci: penggunaan, kaidah kebahasaan, teks ulasan.
2023SI0054.C1 | 54 AGU | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain