Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Debat pada Siswa Kelas X SMK Tirta Jaya Depok
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Debat pada Siswa Kelas X SMK Tirta Jaya Depok

Preasetya, Rangga/032113187 - Nama Orang;

Rangga Prasetia: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam
Meningkatkan Keterampilan Berbicara Debat Pada Siswa Kelas X SMK Tirta
Jaya Depok. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2017.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas X
SMK Tirta Jaya Depok dan kendala yang dialami siswa dalam berbicara debat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Tirta Jaya Depok. Sampel penelitian ini yaitu
kelas X Multimedia 1 sebagai kelas eksperimen dan kels X Multimedia 2 sebagai
kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random
sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model pembelajaran Cooperative Script
dapat meningkatkan keterampilan berbicara debat pada kelas X SMK Tirta Jaya
Depok dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data
prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 59 (kurang mampu) dalam
berbicara debat, sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen dalam
berbicara debat meningkat menjadi 87 (sangat mampu). Hasil perhitungan
perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus
uji t, diperoleh data harga thitung = 3,2 dan d.b. = 48, selanjutnya dilakukan
pengetesan satu skor pada nilai “t”. d.b. 48 dan diperoleh harga t00,01 = 2,40 dan harga
t0 0,05 = 1,67. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung
signifikan karena nilai ttabel < thitung, yaitu 1,67 < 3,2> 2,40. Hasil tersebut
menunjukan bahwa penerapan model Cooperative Script dapat meningkatkan
keterampilan berbicara debat pada siswa kelas X Tirta Jaya Depok. Hipotesis kedua
yaitu, terdapat berbagai kendala dalam meningkatkan keterampilan berbicara debat
pada siswa kelas X Tirta Jaya Depok. Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya
hasil analisis angket. Terdapat sebanyak 7 siswa atau 28% dapat dikatakan
mengalami kendala dalam hal berbicara. Kemudian 6 siswa atau sebanyak 24% siswa
dapat dikatakan mengalami kendala dalam berdebat. Ada pula 8 siswa atau sebanyak
32% siswa mengalami kendala dalam menentukan unsur-unsur debat, kemudian 3
siswa atau sebanyak 12% siswa mengalami kendala dalam berdebat dengan
menerapkan model pembelajaran cooperative script.
Kata kunci: Keterampilan berbicara, debat, model pembelajaran cooperatvie script


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 136 PRA
2017SI0136
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
136 PRA
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
136 PRA p 2017
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Cooperative Script
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Prof. Dr. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Dra. Tri Mahajani, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?