Skripsi Indonesia
Penerapan Model Inkuiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas Vii Smp Al- Ghazaly Bogor
Muhammad Luthfiansyah Damas: Penerapan Model Inkuiri dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII
SMP Al-Ghazaly Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model inkuiri dalam
meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Al-
Ghazaly Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-
Ghazaly. Sementara, sampel penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas
eksperimen dengan jumlah 32 siswa, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan
jumlah 32 siswa. Pengujian hipotesis yaitu penerapan model inkuiri dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi dilakukan dengan uji-t.
Berdasarkan penghitungan diperoleh thitung= 2,98 dan d.b= 62. diperoleh t0,05 = 1,66
dan t0,01 = 2,38. Dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel< thitung yaitu
2,381,66. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata prates siswa kelas
eksperimen sebesar 53,8. Setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan model
inkuiri, nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen meningkat 36 poin dengan nilai
sebesar 89,8. Sementara, nilai rata-rata prates siswa kelas kontrol sebesar 48.7,
meningkat 29.4 poin saat postes dengan nilai sebesar 77,3. Berdasarkan pengujian
hipotesis diperoleh bukti bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan
keterampilan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Al-Ghazaly
Bogor.
Kata kunci: model inkuiri, teks cerita fantasi.
2020SI063 | 63 DAM | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain