Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Inkuiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas Vii Smp Al- Ghazaly Bogor
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penerapan Model Inkuiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas Vii Smp Al- Ghazaly Bogor

Damas, Muhammad Lutfhiansyah/032115021 - Nama Orang;

Muhammad Luthfiansyah Damas: Penerapan Model Inkuiri dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII
SMP Al-Ghazaly Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model inkuiri dalam
meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Al-
Ghazaly Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-
Ghazaly. Sementara, sampel penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas
eksperimen dengan jumlah 32 siswa, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan
jumlah 32 siswa. Pengujian hipotesis yaitu penerapan model inkuiri dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi dilakukan dengan uji-t.
Berdasarkan penghitungan diperoleh thitung= 2,98 dan d.b= 62. diperoleh t0,05 = 1,66
dan t0,01 = 2,38. Dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel< thitung yaitu
2,381,66. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata prates siswa kelas
eksperimen sebesar 53,8. Setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan model
inkuiri, nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen meningkat 36 poin dengan nilai
sebesar 89,8. Sementara, nilai rata-rata prates siswa kelas kontrol sebesar 48.7,
meningkat 29.4 poin saat postes dengan nilai sebesar 77,3. Berdasarkan pengujian
hipotesis diperoleh bukti bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan
keterampilan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Al-Ghazaly
Bogor.
Kata kunci: model inkuiri, teks cerita fantasi.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 63 DAM
2020SI063
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
63 DAM
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2020
Deskripsi Fisik
ix, 135 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
63 DAM p 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Model Inkuiri
Teks Cerita Fantasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Drs, Aam Nurjaman, M.Pd. Dan Wildan Fauzi Mubarok, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?