Skripsi Indonesia
Pengguna Media Kartun Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X Smk Ksa Tria Bangsa Citereup Bogor
Rina Syapira. 032115066. Penggunaan Media Kartun dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Ksatria Bangsa Citeureup
Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2020. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tujuan utama
penelitian ini adalah untuk mengetahui ketrampilan menulis teks anekdot siswa kelas
X SMK Ksatria Bangsa Citeureup Bogor melalui penggunaan media kartun, Untuk
mengetahui peningkatan ketrampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK
Ksatria Bangsa Citeureup Bogor melalui penggunaan media kartun. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas X SMK 1, dan X SMK2 berjumlah 98 siswa dan sampel yang
diambil sebanyak 80 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan menulis teks anekdot siswa
kelas X SMK Ksatria Bangsa Citeureup Bogor melalui penggunaan media kartun
sangat efektif karena terdapat perbedaan hasil belajar pada pembelajaran Menulis
Teks Anekdot melalui media kartun dan model pembelajaran konvensional. Media
kartun dapat menemukan hal-hal baru yang menarik dan dapat membedakan aktifitas
peserta didik dalam belajar baik secara individu maupun secara berkelompok
Ketrampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Ksatria Bangsa
Citeureup Bogor melalui penggunaan media kartun rata-rata nilai prates kelas
eksperimen, yaitu 61 berada pada tingkat penguasaan cukup mampu. Untuk rata-rata
nila postes kelas eksperimen, yaitu 73 berada pada tingkat penguasaan cukup mampu
sedangkan pada kelas kontrol prates nilai pengetahuan dan nilai keterampilan
diperoleh nilai rata-rata 63. Dengan taraf kemampuan cukup mampu memahami dan
menyusun anekdot. Berdasarkan hasil perhitungan t tes, diperoleh harga t0= 2,67 dan
d.b. = 68 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai âtâ. Nilai d.b. = 68
tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati, yaitu d.b. 68 dan
diperoleh harga to 0,99 = 2,39 dan harga to 0,05 = 2,43. Dengan demikian, thitung
signifikan karena nilai ttabel < thitung yaitu 2,39 < 2,67 > 2,43. Hal ini berarti bahwa
penerapan media kartun efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks
negosiasi pada siswa kelas X SMK Ksatria Bangsa Citeureup Bogor.
Kata Kunci : Media Kartun, Keterampilan Menulis dan Teks Anekdot
2021SI065 | 65 SYA | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain