Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Belajar Biologi : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Pgri Ciawi Bogor
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Belajar Biologi : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Pgri Ciawi Bogor

Fatimah, Siti/036111069 - Nama Orang;

i
ABSTRAK
Siti Fatimah. 036111069. 2018. Penerapan Model Guided Discovery Learning
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor.
Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd dan Dra. R. Teti Rostikawati,
M.Si.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)
dengan subjek sebanyak 34 siswa kelas XI MIPA 1. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning). Proses
penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap:
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap akhir
siklus dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah diuji validitas item tes, uji
reliabilitas item tes, tingkat kesukaran butir soal, dan daya pembeda soal.
Berdasarkan refleksi dari nilai sebelumnya didapatkan nilai hasil belajar biologi
siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya sebesar 61,76%.
Setelah dilakukan tindakan melalui Model Pembelajaran Guided Discovery
Learning, nilai tes hasil belajar biologi siswa pada siklus I yang mencapai KKM
naik hingga 67,65% dengan rata-rata nilai 75,61 dan meningkat pada siklus II
yaitu mencapai 82,35% dengan rata-rata nilai 81,69. Selain aspek pengetahuan,
hasil belajar yang dinilai yaitu aspek sikap. Pada hasil penelitian siklus I
menunjukkan nilai rata-rata aspek sikap sebesar 82,38, dan naik pada siklus II
menjadi 86,98. Berdasarkan hasil yang telah dicapai, penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Guided Discovery
Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA 1 SMA
PGRI Ciawi Bogor.
Kata Kunci : Model Guided Discovery Learning, dan hasil belajar biologi aspek
pengetahuan dan aspek sikap


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 115 FAT
2018SB115
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
115 FAT
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
ix, 376 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
115 FAT p 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Model Guided Discovery Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Nandang Hidayat, M.Pd. Dan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?