Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning Cycle : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Ciomas, Kabupaten Bogor
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning Cycle : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Ciomas, Kabupaten Bogor

Farhati/036112078 - Nama Orang;

Farhati. 036112038. Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Menerapkan
Model Pembelajaran Learning cycle. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di
bawah bimbingan R. Teti Rostikawati, dan Muhammad Taufik A.
Penelitian ini merupakan tindakan kelas (Classroom Action Reaserch).
Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan guru model.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan Oktober tahun ajaran 2016/2017 di kelas X MIPA 1
SMAN 1 Ciomas, Kab Bogor. Sampel dalam penelitian yaitu 42 siswa. Proses
penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan,
yaitu: perencanaan, penerapan, pengamatan dan refleksi. Disetiap akhir siklus
dilakukan evaluasi dengan instrument yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif biologi siswa kelas X
MIPA 1 setelah dilakukan penerapan model Learning cycle pada siklus I
mencapai 72,11 (71,42%) dan pada siklus II meningkat menjadi 80,54 (83,33%),
sedangkan nilai rata-rata hasil belajar ranah afektif pada siklus I mencapai 73,04
dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai 77,80 dengan kategori baik.
Adapun antusias yang ditunjukan oleh peningkatan aktivitas siswa pada
penerapan model pembelajaran Learning cycle yaitu mencapai 58,53 % pada
siklus I pertemuan 1 dan meningkat menjadi 66,27% pada siklus I pertemuan 2.
Pada siklus II juga terdapat peningkatan antusias siswa yaitu 73,21% pada
tindakan 1 dan meningkat menjadi 79,37 pada tindakan 2. Berdasarkan hasil yang
diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa menerapkan model pembelajaran
Learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar biologi.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Learning cycle, Hasil Belajar Biologi


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 64 FAR
2017SB064
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
64 FAR
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2017
Deskripsi Fisik
ix, 233 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
64 FAR p 2017
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Model Pembelajaran
Hasil Belajar Biologi
Learning Cycle
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si. Dan Muhamad Taufik A., M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?