Skripsi Biologi
Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning Cycle : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Ciomas, Kabupaten Bogor
Farhati. 036112038. Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Menerapkan
Model Pembelajaran Learning cycle. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di
bawah bimbingan R. Teti Rostikawati, dan Muhammad Taufik A.
Penelitian ini merupakan tindakan kelas (Classroom Action Reaserch).
Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan guru model.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan Oktober tahun ajaran 2016/2017 di kelas X MIPA 1
SMAN 1 Ciomas, Kab Bogor. Sampel dalam penelitian yaitu 42 siswa. Proses
penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan,
yaitu: perencanaan, penerapan, pengamatan dan refleksi. Disetiap akhir siklus
dilakukan evaluasi dengan instrument yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif biologi siswa kelas X
MIPA 1 setelah dilakukan penerapan model Learning cycle pada siklus I
mencapai 72,11 (71,42%) dan pada siklus II meningkat menjadi 80,54 (83,33%),
sedangkan nilai rata-rata hasil belajar ranah afektif pada siklus I mencapai 73,04
dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai 77,80 dengan kategori baik.
Adapun antusias yang ditunjukan oleh peningkatan aktivitas siswa pada
penerapan model pembelajaran Learning cycle yaitu mencapai 58,53 % pada
siklus I pertemuan 1 dan meningkat menjadi 66,27% pada siklus I pertemuan 2.
Pada siklus II juga terdapat peningkatan antusias siswa yaitu 73,21% pada
tindakan 1 dan meningkat menjadi 79,37 pada tindakan 2. Berdasarkan hasil yang
diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa menerapkan model pembelajaran
Learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar biologi.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Learning cycle, Hasil Belajar Biologi
2017SB064 | 64 FAR | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain